Selasa, 27 Januari 2015

Facebook.

“A, bikinin FB atuh a!” sahut adik gue yang bungsu pengen dibuatin akun Facebook.
“Gak bisa adek... Yang bikin Facebook itu si Mark Zuckerberg. Aa mah gak bisa” jawab gue.

Jaman udah berubah banget. Adik gue yang masih kelasss emmm... 5 SD (sumpah, gue ngarang banget nyebutin adek gue baru kelas 5 SD. Karena gue bener-bener gak tau adik gue kelas berapa sekarang. Kakak macam apa gue ini?) udah pengen dibuatin akun sosial media. Uh.. Gue mah waktu kelas segitu boro-boro pengen akun kayak gitu, orang Facebook waktu jaman gue belum ada.

Kayaknya permainan waktu jaman gue dulu udah gak ada yang minat lagi deh! Dimana pada jaman waktu gue kecil, mainan itu bisa dibuat, dan gak yang aneh-aneh.

Lo pastinya tau dong sama gasing? Ya, kalo di kampung gue namanya Panggal. Sekarang di kampung gue, gue udah jarang banget ngeliat mainan yang satu ini. Karena udah ada penggantinya yaitu gasing yang terbuat dari plastik yang bisa bikin anak jadi tolol. Belum lagi harganya agak lumayan mahal dari gasing jaman gue. Gimana enggak? Waktu jaman gue harga gasing Cuma limaratus perak, juga mainin panggalnya itu gak minta yag macem-macem. Cuma ambil gasingnya, terus dililit pakek tali yang terbuat dari kain, dan muter. Udah gitu doang. Tapi anak sekarang udah kebawa sama yang namanya acara tv. Dimana gasing yang sekarang itu di filmnya kalo dimainin suka keluar naga. Otomatis anak yang main mainan itu nagih “Mana naganya?”. Sampe rengek-rengek sama nyokapnya. “Mamah... Mana ih naganya?” Kata si anak. “Bentar, mamah mau nyari dulu di Indosiar” jawab si mamah yang juga ikut tolol.

Sama halnya kayak yang satu ini. Sosial media secara berlahan udah menyerang anak-anak. Bukannya gue gak mau buatin adik gue akun Facebook, gue gak bisa! Hehehe.. Enggak, enggak.. Gue perhatiin umurnya masih ecek-ecek gitu. Biarin dululah dia nikmatin masa anak-anaknya. Karena menurut gue, anak yang dipandang belum pantes buat maen sosial media, itu bahaya banget men!. Jangankan anak-anak, orang yang udah dewasa aja kadang pemikirannya masih dangkal kayak balongnya Pak H. Jajang. Tau Pak H. Jajang?

Pastinya lo juga pernah liat update’an-update’an orang yang gak tau malu. Dimana masalah keluarganya sendiri di umbar-umbar di Facebook. Aduh... Mungkin ini nih yang dibilang otak dangkal sama gue tadi. Itu masih mending, ini yang udah nikah, dan setiap ngelakuin kesalahan sama dia, dia ngejelekin istri atau suaminya di Facebook. Gila.. Malu-maluin banget gak tuh? ß (Padahal gue sendiri udah pernah ngelakuin juga).

Tapi di balik semuanya, gue juga pahamlah kenapa kebanyakan orang suka ngumbar-ngumbar masalah pribadinya di sosmed. Karna menurut gue, orang yang terkena masalah, atau ada pembicaraan yang pengen banget dia omongin tapi gak tau ke siapa, atau gak brani buat di omongin secara langsung sama orang yang bersangkutan, dia pasti pengen banget sama yang namanya curhat dan ketika masalahnya udah dia ceritain, dia berharap ada yang ngasih solusi supaya masalahnya bisa diselesaikan. Nah... Karena mungkin gak ada orang yang ngertiin dia banget, akhirnya dia lampiaskan uneg-unegnya di sosmed. Ah.. Jalan yang tepat banget.

Guys! Sosmed itu pengaruhnya gede banget lho! Maka gak heran menurut para ilmuan seperti Mang Kodri, Mang Ucin, Mang Afud, dan mamang-mamang yang lainnya mengkliam, bahwa, kalo udah kecanduan sama yang namanya sosmed, itu sama aja kayak lo kecanduan sama heroin.
Ya, gue setuju banget sama pendapat Para Mamang Jenius diatas. (by the way, kopi gue udah abis nih.. Euuuhh ada yang mau beliin gue kopi gak?)

Jujur aja, sehari aja gue gak buka sosmed, seolah pohon jengkol yang di depan rumahnya Mang Afud itu roboh. Kenapa demikian? Karena bener banget! Gue ngerasa tak berdaya banget kalo sehari aja gak buka sosmed, sehari aja gue gak update status, sehari aja gak denger lagu si Inul, yang seolah ini adalah ketergantungan gue bisa hidup. Gue makin yakin kalo ini cocok banget disamain sama kecanduan heroin. Walaupun gue gak tau bentuk heroin itu kayak gimana.

Kembali lagi ke adik gue yang pengen di buatin akun Facebook. Tiba-tiba adik gue bilang, “Ahhh.. Aa pelit banget.. Cuma FB doang gak mau ngasih..” kata adik gue. Gue Cuma bisa tersenyum dan dan berkata dalam hati, $%^Dikiranya Facebook itu permen kali ya? Dasar adik yang bego^%$.
Tujuan gue pelit adalah, biar gue bisa nyelamatin adik gue dari keganasan sosmed. Belum lagi nyelamatin dari keganasan anak-anak alay. Umur adik gue sekarang adalah 12 tahun. Umur segitu emang pas banget buat jadi alay kualitas super. Dimana dia suka update status gak jelas, kayak orang sakit. Contohnya gue.

Yah.. Intinya adik gue gak mau umur yang baru segitu udah ketagihan maen yang belum waktunya.
Gue berpesan, “JAUHKAN ANAK-ANAK YANG MASIH DIBAWAH UMUR DARI SOSIAL MEDIA!!!” ....


INI CARA MATIIN CAPS LOCKNYA GIMANA INI??!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar